Widget HTML #1

Ringkasan Tahunan: Dibuka dengan Hawkish, Ditutup dengan Dovish

Apa saja ringkasan tahunan yang telah terjadi selama tahun 2023, berikut ini catatannya.

- Bank sentral telah hawkish selama tahun 2023, dengan the Fed dan ECB yang menaikkan suku bunga ke tingkat tertinggi selama 20 tahun terakhir dan BoE dan SNB ke tingkat tertinggi dalam 15 tahun terakhir.

- Sementara itu, ekonomi maju di Asia menunjukkan kondisi berlawanan, dengan Tiongkok dan Jepang yang mempertahankan laju inflasi mereka. Kondisi ini membuat bank sentral Asia ini menjadi tidak begitu hawkish.

- BoJ mengalami perubahan kepemimpinan yang menggeser pandangannya daripada pendahulunya, membuat bank ini lebih hawkish atau paling tidak lebih terbuka untuk mengubah kebijakannya.

- Namun, ekonomi melambat pada Q3 dan Q4 2023, membuat beberapa bank sentral menjadi tidak begitu hawkish dan meningkatkan spekulasi adanya pemangkasan suku bunga pada awal 2024 di seluruh bank sentral.

- Sebagai tambahan, ketegangan Timur Tengah telah mengalihkan perhatian pasar dari ketegangan Eropa Timur, membuat aset-aset bergerak secara liar selama Q4 2023.

Rentang Harga Tahunan (high ke low)

- Emas telah naik lebih dari 18% dari harga terendah tahun ini ke rekor tertingginya.

- Euro-Dollar (EURUSD) turun lebih dari 820 pips dari harga tertinggi tahunannya.

- Pound-Dollar (GBPUSD) anjlok secara signifikan, melebihi EUR, dengan penurunan lebih dari 1100 pips dari puncaknya tahun ini.

- Yen (JPY) telah melemah secara signifikan, membuat Dollar-Yen (USDJPY) naik lebih dari 20% atau lebih dari 2450 pips.



Daftar istilah yang sering ditemukan pada trading forex dapat ditemukan di halaman Glosarium.

Posting Komentar untuk "Ringkasan Tahunan: Dibuka dengan Hawkish, Ditutup dengan Dovish"